22 Feb 2020

Pesona Mandeh, Raja Ampat-nya Sumatra

Terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, sekitar 60 km dari pusat kota, Kepulauan Mandeh di Sumatra Barat memiliki panorama yang nggak kalah indahnya dengan Indonesia bagian timur.

Sepanjang perjalanan island hoping di Mandeh, CC singgah sejenak ke beberapa pulau berpasir putih dengan keindahan bawah laut yang cantik, seperti Pulau Sironjong, Pulau Karam, Pulau Cubadak, Pulau Setan Kecil, Pulau Setan Besar, dan masih banyak yang lainnya.

Selain aktivitas air seperti snorkeling atau diving, untuk Anda yang hobi menantang adrenalin ada satu aktivitas menarik lainnya yaitu high cliff jumping. Sempat merasa takut, CC pun memberanikan diri lompat bebas dari salah satu spot cliff jump di Pulau Sironjong Kecil (Ketek), salah satu gugusan pulau di Mandeh. Begitu melompat, wah, rasanya jantung CC masih tertinggal di atas tebing! Seru!

Kepulauan Mandeh juga memiliki ratusan hektar hutan mangrove dan  air terjun. Salah satunya, Air Terjun Gemuruh yang aliran sungainya langsung jatuh ke laut. Untuk menuju air terjun ini, Anda akan melewati hutan mangrove, lalu berjalan kaki selama 10 menit dari tempat bersandarnya kapal. Melihat jernihnya air, CC langsung menyelupkan kaki ke aliran air yang ada di bawah air terjun. Segarnya…

Anggey Anggraini
Foto: Anggey Anggraini