03 Apr 2020

7 Keuntungan Traveling Solo

Jalan-jalan sama teman-teman yang akrab dengan kita memang menyenangkan. Bisa menjelajah sekaligus ngerumpi bareng. Tapi traveling solo juga tidak kalah menyenangkan. Berdasarkan pengalaman CC jalan-jalan ke beberapa tempat sendirian setidaknya ada tujuh keuntungan traveling solo.
 
1. Bebas Menentukan Tempat
Ribetnya dari jalan-jalan dengan banyak orang adalah menyesuaikan berbagai tempat yang mau dikunjungi yang bisa memenuhi keinginan masing-masing orang. Padahal belum tentu Anda ingin ke tempat tersebut. Ini tidak perlu Anda alami bila pergi sendiri. Semua tempat adalah tempat pilihan Anda.
 
2. Fleksibel dalam Waktu
Mau bangun siang, mulai jalan-jalan sore atau berlama-lama di satu obyek wisata bukanlah masalah karena Anda tidak perlu menyesuaikan waktu dengan orang lain. You choose your own time.
 
3. Mengasah Kemandirian
Traveling solo membuat Anda harus bisa mengandalkan diri Anda sendiri. Baik dalam melihat peta, mempelajari rute perjalanan maupun menjelajah tempat-tempat baru yang asing bagi Anda. Semua proses ini membuat kemandirian Anda terasah.
 
4. Melatih Keberanian
Kalau mungkin sebelumnya Anda takut naik kendaraan umum sendiri, ketika Anda tidak punya partner untuk diajak pergi bareng, mau nggak mau, Anda jadi berani melakukannya. Iya, dong, daripada harus berdiam sendirian di kamar hotel lebih baik jalan-jalan keluar.  
 
5. Mengenal Lebih Baik Diri Sendiri
Tidak semua orang tahan dengan kesendirian. Tapi justru momen sendirian di perjalanan bisa membantu Anda untuk mengenal lebih baik diri Anda, lho! Ketika nggak diperlukan kompromi dengan pihak lain untuk memutuskan sesuatu, Anda jadi tahu benar apa yang Anda mau, Anda suka atau yang membuat Anda nyaman.
 
6. Meluaskan Pergaulan
Saat sendirian di jalan, Anda pasti akan lebih terbuka dengan orang lain. Mulai dari sekadar bertanya arah, minta tolong difotokan atau membunuh waktu dengan ngobrol dengan orang yang duduk di samping Anda ketika di kereta. Dari sini, Anda bisa menambah teman dan memperluaskan pergaulan.
 
7. Ketemu Calon Pacar
Tidak ada jaminan Anda pasti dapat pacar ketika traveling solo, sih. Tapi peluang Anda didekati oleh pria akan lebih besar ketika Anda jalan-jalan sendirian daripada ketika jalan-jalan dengan para sahabat. Alasannya? Pria akan lebih berani mendekati wanita yang sedang sendirian daripada berkelompok. Plus, tanpa adanya teman-teman di samping Anda, saingan Anda tentunya berkurang, dong. He he he…
 
Yani Lauwoie
Foto: Fotosearch