16 Jul 2019

5 Ucapan Manis Wanita yang Sebenarnya Membuat Pria Kecewa

Niat hati ingin menyenangkan hati si dia, tapi ternyata nggak selamanya pujian tulus yang kita berikan membuat si dia senang. Menurut pakar hubungan Carin Goldstein dan Andra Brosh, ada beberapa pujian dan kalimat manis wanita yang membuat pria kecewa. Penyebabnya, pria selalu berusaha menilai maksud di balik setiap pujian yang kita lontarkan. Ini beberapa di antaranya?

 

“Memang cuma kamu yang paling bisa aku andalkan.”
Pernyataan ini membuat si dia merasa terbebani. Kita terkesan nggak punya teman lain untuk dimintai bantuan. Dia berpikir harus siap sedia setiap saat saat kita butuhkan. Padahal, pria ingin memiliki pasangan mandiri yang nggak bergantung sepenuhnya sama mereka.
 
“Kamu adalah cowok paling baik yang pernah aku kenal.”
Kata 'paling' bikin si dia merasa sedang dibandingkan dengan beberapa pria lain yang pernah dekat dengan kita. Jangan heran, deh, kalau pikiran dia langsung tertuju ke mantan kita. Lebih baik, pilih kalimat yang nggak terkesan membandingkan, seperti “kamu baik banget, deh”.
 
“Kamu cute banget, sih!”
Pujian ini langsung bikin si dia merasa kurang maskulin. Bagi mereka, cute atau imut hanya cocok ditujukan kepada ABG atau bahkan anggota boyband yang menurut mereka jauh dari kesan jantan. Kalau mau aman, pilih kata ganteng atau keren.
 
“Hebat banget! Kamu benar-benar mapan, deh!”
Kalau nggak mau dianggap materialistis, hindari penggunaan kata yang mengarah langsung pada kondisi finansial, seperti mapan atau kaya. Akan lebih aman jika kita menggunakan kata sukses karena terkesan merujuk pada kariernya.
 
“Aku nggak menyangka kamu bisa memperbaikinya.”
Jika pujian ini dilontarkan setelah dia membantu kita memperbaiki sesuatu, dijamin dia malah bete. Soalnya, kita terkesan meremehkannya. Lebih baik katakan, “sejak awal, aku memang yakin kamu bisa memperbaikinya".
 
Fanny Indriawati
Foto: Fotosearch