18 Feb 2019

Kebiasaan Weekend Pengganggu Jadwal Tidur Harian

Hampir setiap hari, selama hari kerja, sebagian besar waktu digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. Kita bahkan rela kurang tidur supaya pekerjaan selesai dan tidak mengganggu waktu istirahat saat weekend, dengan asumsi weekend akan digunakan sepuas-puasnya beristirahat. Kenyataannya, gara-gara weekend asyik berleha-leha, begitu Senin datang, rasanya super malas untuk memulai minggu baru. Kita juga jadi sulit tidur sehingga seharian, selama hari Senin, malah makin lelah dan merasa kurang tidur. Berikut beberapa kebiasaan weekend yang membuat hari kerja kita di minggu berikutnya malah makin melelahkan.
1. Tidur larut dan bangun siang (banget) esoknya.
Kebiasaan tersebut, menurut penulis buku The Sleep Diet, A Novel Approach to Insomnia, menghasilkan efek yang sama dengan perubahan zona waktu dan mengalami jet lag. Tidur larut, tidur siang lebih dari 40 menit saat weekend akan membuat kita tidak “tertarik” tidur teratur dan mengacaukan ritme biologis kita.
Coba: ketika terbangun di pagi hari, langsung buka jendela. Begitu matahari bersinar, cahayanya akan membangunkan kita. Atau, boleh tidur larut, tapi maksimal 30 menit dari jadwal biasa.

2. Tidak olahraga
Melewatkan jadwal olahraga karena ingin tidur lebih lama memang tampak menyenangkan. Cuma,siklus tidur kita bakal terganggu dan membuat tidak bisa tidur nyenyak selama weekend. Paling tidak, lakukan latihan selama 10 menit di weekend pagi.

3. Nonton serial atau film favorit berjam-jam
Waktu banyak untuk bersantai sering digunakan untuk melakukan hal apa pun yang disukai, termasuk maraton nonton serial TV atau film favorit, sambil duduk berselonjor di sofa atau tempat tidur. Fisik kita memang tidak aktif, melainkan otak yang terus berjalan. Akibatnya, mempengaruhi keinginan dan waktu tidur jadi tidak teratur. Pada hari kerja, badan kita kelelahan sebab harus aktif menyesuaikan waktu tidur lagi. Jadi, tidak perlu memaksakan menonton banyak judul sebab ‘mereka’ masih bisa menunggu, kok.

4. Menggunakan laptop, tablet, atau smartphone sebelum tidur
Mengapa kita bisa tidur pulas di malam hari? Sebab malam yang gelap meningkatkan produksi hormon melatonin. Melatonin ini membuat tubuh rileks tanda kita siap beristirahat. Tapi cahaya yang masuk ke mata dari gadget akan mengurangi produksi melatonin dan mempengaruhi dorongan tidur. Berantakan, deh, waktu tidur kita. Sebaiknya hindari memanda cahaya biru dari gadget 2-3 jam sebelum tidur.

5. Poin-poin yang disebutkan di atas telah dilakukan sehingga tidak bisa tidur pada Minggu malam.
Akhirnya, yang ada di kepala adalah bagaiman esok Senin kita akan merasa lelah banget. Untuk mengatasinya, buat tubuh lebih rileks seperti mandi air hangat sebelum tidur. Suhu tubuh yang turun setelah mandi membuat kita lebih rileks dan siap tidur. Atau, perdengarkan lagu-lagu rileks yang suka digunakan untuk yoga atau meditasi. Ingat, layar gadget ditutup atau hindarkan dari tatapan kita.


Meiranie Nurtaeni
Foto: Fotosearch