23 Jan 2020

Hitung Kalori Makanan di Pesta

Setiap kali dapat undangan pesta, kita selalu terbebani. Bukan oleh biaya yang dikeluarkan untuk membeli hadiah, beban kita adalah susahnya menahan keinginan makan. Kita terlalu asyik mengambil seluruh menu dalam porsi besar—mumpung gratis—hingga berat badan pun bertambah. Agar nggak pulang pesta dengan menyesal, cek kalori hidangannya, jadi kita bisa menahan diri dan tahu batas aman porsinya. 


Aneka Pasta
Menurut studi Center for Science in the Public Interest, sepiring spageti carbonara mengandung lebih dari 1.000 kkal. Saus krim, keju, dan potongan daginglah yang membuat kalori dalam spageti melonjak tinggi. Pasta dengan saus tomat dan daging cincang pun nggak kalah besar kalorinya, yaitu 300 kkal.
 
Steak
Daging sapi tebal dan juicy memang susah ditolak. Masalahnya, daging merah mengandung kolesterol dan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga mengonsumsinya lebih dari 500 gram berisiko menyempitkan pembuluh darah. Apalagi kalori dalam 100 gram daging sapi, tuh, sekitar 288 kkal. Padahal, seporsi steak biasanya menggunakan daging minimal 250 gram yang berarti mengandung 700 kkal!
 
Ayam Panggang
Kalori ayam panggang nggak sebesar ayam goreng. Namun, kulit ayam panggang yang biasanya dilapisi butter dan saus barbecue mengandung lemak tak jenuh yang berisiko menambah berat badan Anda. Meski Anda hanya mengonsumsi bagian paha, kita sudah memasukkan 375 kkal ke dalam perut. Masalahnya, kita nggak hanya mengambil satu potong, kan.
 
Pizza dan Burger
Siapa, sih, yang tergiur dengan pizza tipis dengan potongan daging dan keju sebagai topingnya? Walau tipis, selembar pizza mengandung 250 kkal, sementara satu porsi burger kalorinya sekitar 490 kkal. Butuh joging selama 45 menit untuk membakarnya kembali.
 
Pencuci mulut
Jangan bangga jika kita hanya menyantap dessert. Kalorinya sama tingginya dengan main course! Semangkuk kecil es krim atau sepotong cheese cake mengandung 250 kkal. Jika ditambahkan selai cokelat, kalorinya mencapai 300 kkal.
 

Saparinah Mumpuni
Foto: Fotosearch