23 Jan 2020

9 Langkah Mudah Senam Wajah agar Pipi Lebih Tirus

Susah payah diet dan berolahraga memang sukses membuat badan terlihat lebih kurus. Namun seringnya, sih, merampingnya tubuh nggak disertai pipi yang lebih tirus. Untuk mengatasinya, kita bisa melakukan beberapa langkah senam wajah berikut. Nggak cuma menjadi cara menghilangkan pipi chubby, tapi juga membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda.



1. Senyum selebar mungkin dengan bibir tertutup dan tahan selama 15 detik. Setelah itu, wajah kembali ke ekspresi biasa selama 5 detik, lalu senyum selebar mungkin sampai gigi terlihat selama 15 detik. Ulang tiga tahapan itu sebanyak lima kali repetisi.
 
2. Tutup mulut dan isap udara yang ada di dalam mulut sampai pipi kita seperti tersedot. Tahan selama 10 detik, lalu ulangi sebanyak lima kali.
 
3. Tutup mulut dan gembungkan pipi sebelah kiri dengan udara, kemudian tahan selama 5 detik. Setelah itu, gembungkan pipi kanan dan tahan selama 5 detik. Lakukan terus secara bergantian sampai lima kali repetisi.
 
4. Bentuk bibir menyerupai huruf O, kemudian secara pelahan tersenyum selebar mungkin. Tahan selama 3 detik, kemudian relaks. Ulangi 10 kali.
 
5. Julurkan lidah sejauh yang kita bisa. Tahan selama lima detik, kemudian relaks. Ulangi lima kali.
 
6. Majukan bibir dengan gaya seperti orang yang sedang berciuman. Tahan selama 5 detik, relaks, kemudian ulangi lagi sebanyak lima kali.
 
7. Isap jari dengan mulut sekuat mungkin selama 10 detik dan ulangi 10 kali.
 
8. Pijat pipi ke arah atas dengan menggunakan telunjuk, jari tengah, dan jari manis secara perlahan. Lakukan selama 15 detik.
 
9. Taruh kedua telapak tangan di bagian bawah pipi kanan dan kiri. Perlahan, tarik pipi ke arah atas dengan kondisi mulut tertutup rapat. Tahan posisi ini selama 5 detik, relaks, kemudian ulangi 30 kali.
 
Fanny Indriawati
Foto: Fotosearch