18 Feb 2019

7 Bau yang Tidak Kita Sadari (tapi Tercium oleh Orang Lain)

Adakalanya bau-bau yang tidak kita ciumi malah disadari orang lain. Hal ini disebabkan otak dan hidung kita bekerja sama membuat kita beradaptasi dengan bau yang ada setelah tercium dalam jangka waktu lama. Jadi, jangan heran bila ada orang yang mengernyitkan hidung, menutup hidup atau malah menjauhi saat berada dekat dengan kita. Tidak perlu minder dulu, coba solusinya berikut ini.
 
1. Bau hewan peliharaan
Sayang, dong, sama hewan peliharaan tercinta. Tapi, baunya kadang menempel di seluruh bagian rumah. Bersihkan dengan berkala perabotan rumah yang sering jadi “sasaran” elusan mereka, kandang hingga tempat tidurnya, ya.
 
2. Bau sisa makanan
Saat di santap, aroma makanan memang tercium sangat lezat. Tapi, begitu ditinggalkan, kontaminasi dengan bakteri di udara, sisa-sisa yang ada membuatnya malah beraroma tidak sedap. Segera buang ke tempat sampah dan langsung cuci peralatan makannya.
 
3. Parfum sendiri
Setelah setengah hari beraktivitas, rasanya parfum yang kita kenakan sudah tidak tercium lagi. Sehingga esoknya kita menyemprotkan parfum lebih banyak supaya tetap wangi sepanjang hari. Padahal kita mungkin tidak membauinya, tapi parfum yang kita kenakan, berapa pun kadarnya, tetap tercium oleh orang sekitar. Sebabnya, seperti yang sudah dijelaskan di atas, hidung kita beradaptasi dengan wangi parfum. Hal yang sama berlaku jika kita merasa parfum yang dikenakan cukup wangi, padahal malah bikin mual orang lain. Tolong disadari!
 
4. Sepatu
Begitu kita membuka sepatu, blarrr, jika memiliki aroma ‘kuat’, bisa tercium dalam jarak dekat. Lebih baik lepas sepatu pada lokasi yang jauh dari orang dan letakkan di tempat yang tidak langsung berdekatan dengan orang lain. Gunakan juga bedak kaki supaya kaki kita tetap kering dan mengurangi bau akibat lembab.
 
5. Bau badan sendiri!
Setiap orang punya bau khasnya masing-masing. Tidak masalah jika kita rajin mandi dan membubuhi tubuh dengan wewangian yang pas. Sebaliknya, bau badan yang tidak sebab sering terjadi karena kurang cermat membersihkan tubuh, bercampur dengan wewangian yang tidak pas, terkontaminasi bakteri. Mungkin, kita tidak sadar atau mengabaikannya, tapi, percaya, deh, orang lain akan menciumnya lebih jelas dibanding kita. Jadi, jangan lupa juga, kenakan deodorant dan pakaian yang selalu bersih.
 
6. Lilin aromaterapi
Lilin aromaterapi (scented candle) memang membantu membangkitkan mood. Tapi, tidak perlu menyalakan beberapa wangi berbeda dalam waktu bersamaan. Tabrak wangi tersebut malah menghasilkan wangi yang tidak menyenangkan. Jika tidak, pilih wangi-wangi basic seperti vanilla dikombinasikan dengan sitrus.
 
Meiranie Nurtaeni
Foto: Fotosearch