23 Jan 2020

5 Menit Usir Stres

Dengan segala kesibukan di kantor—deadline proyek hingga meeting—yang nggak pernah berakhir, kita rentan stres. Belum bisa ambil cuti? Saatnya mempraktikkan cara mengusir stres secara instan. Cukup luangkan waktu lima menit!



Gerakkan bahu
Agar lebih relaks, coba gerakkan bahu dan leher buat melepaskan ketegangan saraf. Naikkan bahu ke arah telinga dan nikmati sensasinya. Dalam dua detik kita akan merasa lebih santai.
 
Cari camilan
Hindari gorengan jika nggak ingin berat badan naik. Pilih potongan dark chocolate minim gula yang selalu berhasil meningkatkan mood kita. Bisa juga sharing dengan rekan kerja buat menyegarkan pikiran.  
 
Minum teh
Menghirup aromanya saja sudah membuat kita lebih tenang dan santai. Kandungan L-theanine dari teh efektif buat meningkatkan mood dan meredam kecemasan. Slurp…
 
Tarik napas perlahan
Gunakan metode 4-7-8: Tutup mata dan tarik napas dari hidung selama empat detik, tahan selama tujuh detik, dan buang napas dari mulut selama delapan detik. Dijamin kita akan merasa lebih relaks.
 
Jalan-jalan sejenak
Cukup lima menit berjalan-jalan di sekitar kantor untuk menghilangkan penat. Kalau biasanya kita menggunakan lift untuk naik-turun dari empat lantai, kali ini coba turun tangga baru naik kembali menggunakan lift. Pikiran kita akan segera teralihkan dari stres, deh.
 
Senam ringan
Cek YouTube untuk mencari gerakan berdurasi lima menit yang dapat kita ikuti di meja kerja. Saat bergerak kita dapat melupakan sejenak tugas maupun masalah yang tertimbun di kepala. Tubuh sehat, hati pun lebih lega.
 
Selamat mencoba!

Alice Larasati
Foto: Fotosearch