23 Jan 2020

5 Kebiasaan Merusak Metabolisme Tubuh

Setelah menjalani aktivitas harian, coba diingat-ingat apa saja yang telah kita lakukan? Apakah setiap kegiatan yang kita lakukan memiliki dampak baik bagi tubuh dan kesehatan? Sebab, terkadang banyak aktivitas atau kebiasaan yang dilakukan tanpa disadari justru merusak kesehatan dan sistem metabolisme tubuh. Padahal metabolisme tubuh sangat penting untuk kelangsungan hidup kita, tuh. Cek lima kebiasaan yang dapat merusak sistem metabolisme tubuh kita.
 

Begadang
Jangan pernah begadang kalau nggak kepepet. Tubuh dan otak kita memerlukan waktu untuk beristirahat. Para ahli selalu menyarankan kita memiliki waktu yang cukup untuk tidur malam, sekitar 6-8 jam untuk orang dewasa. Soalnya, nih, tidur malam penting untuk menjaga fungsi organ dan homeostasis metabolic—mekanisme pengaturan keseimbangan dalam tubuh manusia. Kurang tidur dapat memperlambat proses metabolisme, salah satu akibatnya membuat berat badan naik.

Kurang minum
Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan yang menyebabkan metabolisme terganggu. Selain itu pencernaan pun dapat tertanggu. Biasakan mengonsumsi air putih, sekitar 8 gelas sehari untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh hingga 30 persen.

Konsumsi kafein berlebih
Kafein memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak juga berdampak negatif. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menekan nafsu makan kita yang mengakibatkan jadwal makan menjadi tidak teratur. Jika tubuh kekurangan asupan makanan, metabolisme akan terganggu. Disarankan untuk mengonsumsi kopi maksimal 2-3 gelas sehari.

Melupakan yoghurt
Banyak orang lebih tertarik eskrim atau susu dibandingkan yoghurt. Padahal yoghurt menyimpan banyak kandungan kalsium yang berperan penting bagi sistem metabolisme dengan cara menghancurkan lemak jahat. Bayangkan, 100 gram yoghurt mengandung 110 mg kalsium. Ini sangat memengaruhi berat badan kita.

Tidak olahraga
Ini yang paling penting. Tubuh kita sangat memerlukan aktivitas fisik yang berguna untuk meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Semakin banyak mengeluarkan keringat akan semakin baik. Setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit dalam sehari.

 Dian Probowati
Foto: Fotosearch