22 Aug 2019

5 Cara Mudah Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Tidur yang sehat bukan hanya harus delapan jam sehari, melainkan juga berkualitas. Soalnya, nih, tidur dalam durasi yang lama, namun kurang nyenyak malah akan membuat tubuh terasa lelah. Nah, agar tidur bisa berkualitas sekaligus lebih nyenyak, lakukan beberapa tip dari sleep expert, Dr. James Maas, berikut.


 
Atur jadwal minum kafein
Normalnya pengaruh kafein baru bisa dirasakan enam jam setelah dikonsumsi.  Menurut Dr. James, waktu yang paling aman mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein adalah sebelum pukul 14.00.
 
Mengganti waktu tidur
Ngaku, deh, ketika kurang tidur di waktu kerja, kita pasti sering membalas dendam dengan tidur seharian saat weekend. Padahal, nih, untuk mengganti waktu tidur yang terbuang sebelumnya, nggak perlu durasi yang lama. Untuk kekurangan waktu selama dua jam, kita cukup menggantinya dengan satu jam tidur.
 
Pilih cahaya lampu
Lampu yang terlalu terang bikin kita nggak mudah mengantuk. Agar bisa tidur lebih nyaman, gunakan lampu berukuran 45-65 watt.
 
Tidur siang
Jika ada kesempatan, jangan pernah melewatkan waktu tidur siang. Selain untuk me-recharge energi, tidur siang bisa kita manfaatkan untuk membayar kekurangan durasi tidur sebelumnya. Agar tidak membuat susah tidur di malam hari, idealnya tidur siang dilakukan pukul 14.00-16.00 dengan durasi 20-90 menit.
 
Suhu kamar ideal
Agar bisa tidur nyenyak, atur suhu kamar 65° Fahrenheit atau sekitar 18° Celsius. Suhu kamar yang terlalu hangat—atau malah panas—meningkatkan potensi kita bermimpi buruk.
 
Fanny Indriawati
Foto: Fotosearch