23 Oct 2018

4 Trik Menyembuhkan Mata Minus

Memiliki masalah pada mata, termasuk mata minus, pasti sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Agar mata nggak cepat lelah, berikut beberapa trik menyembuhkan mata minus secara cepat dan alami.

 
Mengonsumsi Buah dan Sayur
Kandungan vitamin A dalam buah dan sayur mampu menyembuhkan mata minus secara cepat bila dikonsumsi rutin. Contohnya, wortel. Konsumsi buah dan sayur dalam keadaan direbus atau dijus—tanpa tambahan gula—agar kandungan vitamin A nggak hilang.
 
Daun Sirih
Manfaatkan daun sirih untuk terapi mengobati mata minus. Bedanya dengan buah dan sayur, daun sirih digunakan untuk obat luar. Cuci daun sirih hingga bersih dan tempelkan di bagian kelopak mata dengan plester saat kita akan tidur. Biarkan sampai besok pagi.
 
Senam Mata
Latihlah mata untuk melihat objek yang jauh tanpa menggunakan kacamata secara rutin. Jika kita sedang bekerja di depan monitor, lemparkan pandangan ke ruangan selama 5 menit. Jangan biarkan mata kita terlalu lelah. Hindari juga menonton televisi terlalu dekat dan membaca buku di tempat yang gelap.
 
Istirahat
Mata minus bisa terjadi karena kurang istirahat. Jangan terlalu memaksakan mata kita untuk bekerja lebih keras. Usahakan jangan duduk di depan layar monitor dalam waktu yang terlalu lama. Tidurlah yang cukup minimal 8 jam sehari.
 
Hartika Arbiyanti
Foto: Fotosearch