18 Feb 2019

4 Pemicu Alergi yang Tidak Disadari

Punya alergi memang bikin repot. Selain membuat tubuh nggak nyaman, aktivitas kita juga jadi terbatas. Nggak heran, deh, kita jadi waspada setiap dekat dengan sumber penyebab alergi—takut kambuh, sih! Padahal, ada beberapa hal yang bisa memperburuk kondisi alergi.


 
Debu di Sofa
Bersantai di sofa yang empuk memang nyaman banget. Namun kalau dilakukan terlalu lama, aktivitas ini bisa memicu alergi. Soalnya, di balik kenyamanannya, sofa menyimpan berbagai jenis debu atau bulu binatang yang dengan mudah bisa masuk ke hidung.
 
Pelembap Ruangan
AC yang menyala terus-menerus memang bisa bikin ruangan kering. Karena itu, banyak orang menggunakan humidifier alias pelembap ruangan. Padahal, kelembapan malah meningkatkan pertumbuhan tungau. Karena itu, pemakaian humidifier nggak cocok bagi penderita alergi debu tungau (kotoran tungau). Bukannya menghirup udara segar, kita malah nggak bisa berhenti bersin.

Serbuk sari
Hindari berolahraga outdoor di pagi hari hari atau menjelang sore hari. Menurut dokter ahli alergi Myngoc Nyugen dari Kaiser Permanente Medical Center, California, saat itu adalah waktu puncak bagi pohon melepaskan serbuk sari. Soalnya, bagian tumbuhan ini sering kali menyebabkan alergi.
 
Aroma Menyengat
Bukan cuma parfum, karbol, atau klorin saja yang bisa bikin penderita alergi aroma kambuh. Pada beberapa orang, aroma sabun, sampo, pasta gigi, atau penyegar ruangan juga bisa menimbulkan alergi. Karena itu, sebaiknya nggak usah berganti-ganti produk yang mengandung wewangian.
 
Fanny Indriawati
Foto: Fotosearch