23 Jan 2020

The Finest Hours

Chris Pine, Casey Affleck, Ben Foster, Eric Bana
Sutradara: Craig Gillespie
Walt Disney Pictures 2016

Pada 18 Februari 1952, badai dingin ganas, Northeaster, menghantam kota-kota di pantai Timur Amerika. Kapal tanker minyak SS Peddleton yang sedang berlayar di lepas pantai Cape Cod pun terhantam. Kapal terbelah dua, bagian haluan sudah lebih dahulu tenggelam, sedangkan bagian buritan masih mampu mengambang, namun diperkirakan hanya bisa mengambang selama 5 jam lagi. Para awak kapal yang tersisa di buritan pun berusaha mencari pertolongan sambil berusaha agar kapal tidak karam dalam waktu singkat.
Pos penjaga pantai yang berada di Chatham Massachusetts lalu mengutus Bernie Webber untuk menyelamatkan awak kapal SS Pendleton. Badai yang dahsyat membuat para penjaga pantai kawakan enggan ikut dengan Bernie. Apalagi Bernie sendiri masih trauma dan diragukan kemampuannya untuk menembus badai karena pernah gagal melakukan aksi penyelamatan serupa tahun sebelumnya.
Bernie akhirnya mendapat tiga orang untuk tim yang diperlukan. Padahal dua di antaranya belum berpengalaman sama sekali menghadapi badai dahsyat. Namun, naluri sebagai penjaga pantai sekaligus keinginan menyelamatkan nyawa yang tersisa menguatkan Bernie dan tim untuk terus maju.
Bernie pun harus menghadapi cuaca dingin, badai, serta ombak besar yang tingginya mencapai 70 meter. Semua mesti ditembus dengan kapal penyelamatan yang kecil.
Film ini diangkat dari kisah nyata tentang penyelamatan paling berani oleh kapal kecil dalam sejarah US Coast Guard. Bukan hanya membuat penonton makin mengetahui mengenai kinerja para penjaga pantai, film ini juga menambah pengetahuan tentang kekuatan alam dan kondisi laut yang lebih besar dari kemampuan kita. Menegangkan sekaligus mengharukan. 8/10



Meiranie Nurtaeni
Foto: Walt Disney Pictures