23 Jan 2020

Backtrack - Tayang di Festival Sinema Australia Indonesia 2016

Psikolog Peter Bower (Adrien Brody) kedatangan beberapa pasien yang cukup aneh. Ada wanita yang selalu merasa dirinya tidak terlihat dan ada juga pria yang menganggap presiden Amerika Serikat saat ini adalah Ronald Reagan. Namun, Peter menganggapnya hanya masalah psikologis biasanya.

 
Dia mulai merasa ada yang janggal ketika dikunjungi pasien wanita bernama Elizabeth Valentine (Chloe Bayliss) yang datang menggunakan jaket bertudung. Inisial nama Elizabeth mengingatkan Peter kepada anaknya, Evie (Emma O'Farrel), yang meninggal akibat kecelakaan.
 
Peter akhirnya sampai pada pemikiran bahwa semua pasien yang mengunjunginya adalah hantu. Dia pun menceritakan hal ini kepada mentornya, Duncan Stewart (Sam Neill). Sam mengatakan bahwa yang terjadi hanya imajinasi Peter.
 
Dari hasil obrolannya dengan Duncan, terkuaklah fakta bahwa Evie meninggal saat Peter tidak mengawasinya. Ketika meninggal, Evie pun sedang menggunakan jas hujan bertudung, mirip dengan penampilan Elizabeth. Karena itulah, Duncan menganggap Elizabeth adalah hasil imajinasi Peter yang masih terpukul akibat kematian anaknya.


 
Penasaran ingin mengungkap misteri yang terjadi, Peter akhirnya kembali ke kampung halamannya. Ternyata di masa remajanya, Peter dan temannya pernah tanpa sengaja menyebabkan kecelakaan kereta yang mengakibatkan 47 orang tewas.
 
Apakah kaitan masa lalunya itu terhadap kehidupannya sekarang? Siapakah sebenarnya Elizabeth? Film Backtrack akan membuat Anda penasaran selama menonton. Saksikan dalam rangkaian Festival Sinema Australia Indonesia 2016, 29 Januari 2016 pukul 19.00 WIB di Plaza Senayan XXI.

Fanny Indriawati
Foto: Head Gear Films, Metrol Technology, & Screen Australia