18 Feb 2019

A Copy of My Mind

Tara Basro, Chicco Jerikho, Maera Panigoro
Sutradara: Joko Anwar
Lo-Fi Flicks 2015

Sari (Tara Basro), seorang pekerja di salon kecantikan, punya hobi menonton film dan bercita-cita ingin memiliki home theater. Karena mimpinya itu belum terwujud, dia hanya bisa menikmati film dari DVD bajakan menggunakan DVD player murah dan televisi rusak. Menonton DVD adalah kegiatan rutinnya sepulang kerja.
 


Suatu hari, Sari membeli sebuah DVD dan sangat kecewa karena hasil subtitle dalam DVD itu tidak bagus. Dia pun protes kepada sang penjual dan minta ganti rugi. Sayangnya, penjual DVD menolak memberikan gantinya dan malah menyuruh Sari berbicara langsung kepada pembuat subtitle tersebut, yaitu Alek (Chicco Jerikho). Namun, Alek pun tidak mau bertanggung jawab. Merasa tidak mendapat keadilan, Sari pun mencuri DVD dan hal itu diketahui oleh Alek.



Agar tidak dilaporkan karena telah mencuri, Sari terpaksa mengikuti Alek ke kosannya. Di tempat itu, Sari menemukan kebahagiannya. Tidak hanya karena Alek memiliki koleksi DVD bajakan yang sangat lengkap, tetapi juga karena pria yang hidup tanpa memiliki ponsel dan kartu identitas itu bisa memahami dirinya. Setelah beberapa kali pertemuan, mereka pun saling jatuh cinta.



Hubungan indah yang selama ini mereka jalani tidak berlangsung lama. Sari yang ditugaskan oleh bosnya untuk memberikan perawatan facial kepada Mrs. Mirna (Maera Panigoro), seorang narapidana, melakukan kesalahan fatal. Dia memegang bukti korupsi yang dilakukan pejabat negara. Hidup Sari terancam bahaya dan Alek yang tidak mau pacarnya celaka pun ikut mempertaruhkan nyawanya karena menyembunyikan Sari. 



Karya terbaru Joko Anwar ini wajib masuk ke dalam daftar film yang akan Anda tonton. Ending-nya dibuat sangat menarik. Akting natural, tema yang mengangkat fenomena masyarakat Indonesia, dan sentuhan situasi politik menjadikan A Copy Of My Mind semakin istimewa. Apalagi, adegan di tempat umum diambil secara diam-diam sehingga siatuasi di sekitar para pemain terlihat sangat natural. Bonusnya, Anda bisa menikmati tubuh seksi Chicco Jerikho, he he he.

Fanny Indriawati
Foto: Lo-Fi Flicks