20 Jun 2019

William Tunggaldjaja Tantangan Bekerja di Perusahaan Sendiri

Sejak usia 13 tahun, William Tunggaldjaja (30) tinggal di Amerika Serikat dan mengenyam pendidikan hingga lulus dari University of California, Berkeley, jurusan Mechanical Engineering. Sekarang, William pun menjadi co-founder perusahaannya sendiri, AsmaraKu.com.

 
“Awalnya saya bekerja di perusahaan multinasional Microsoft di Washington, Amerika Serikat. Berbekal pengalaman di sana, saya kembali ke Indonesia. Lalu bekerja di Lazada sebagai Vice President, lalu Zomato hingga Path sebagai Country Manager,” ujar William. 
           
Merelakan segala kenyamanannya, kini William membuka perusahaan e-commerce AsmaraKu.com. Portal online ini menyediakan aneka produk romantis, seperti buket bunga, produk perawatan tubuh, lingerie, produk kesehatan.
 
“Bekerja di perusahaan sendiri tantangannya lebih besar. Soalnya, nih, nasib atau keberlangsungan hidup perusahaan dan karyawan menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya.” tambah William.
 
Saat menghadapi karyawannya, dia memposisikan dirinya sebagai teman. Dia lebih suka tidak ada jarak antara atasan dan bawahan. Oleh karena itu, posisi meja kerjanya pun dia sengaja buat berderetan dengan mereka. Tanpa sekat pula karena dirinya ingin lebih membaur.

Untuk ke depannya, William pun membeberkan targetnya, “Saya ingin membesarkan AsmaraKu.com. Berawal dari lima karyawan, kini ada 25 orang. Harapan saya, sih, bisa berkembang lebih besar lagi. Life goal adalah ingin menginspirasi dan memberikan impact bagus buat orang lain.”
 
Ratih Fitrina
Foto: Dian Probowati