20 Apr 2019

Theoreza Herdiyanto: Bekerja Sesuai Passion

Kesenangannya berinteraksi dan memahami banyak orang, mengantar Theoreza Herdiyanto, 26, menemui pekerjaan yang diidamkannya yakni sebagai public relations consultant. Theo percaya bahwa bekerja harus sesuai passion agar dapat feel-nya.
 
 

 
Bagaimana kehidupan karier Anda?
Sejauh ini sangat enjoy, walaupun ada masa-masa stres, misalnya saat harus lembur dan menginap di kantor atau pulang kantor jam 4 pagi dan jam 6 harus bangun lagi.  Untung teman-teman kerja bisa diajak seru-seruan.

Anda tipe pekerja seperti apa?
Saya tipe orang yang rapi dan detail. Setiap pekerjaan selalu saya mapping terlebih dahulu. Setelahnya saya delegasikan kepada co-worker supaya pekerjaan lebih mudah dan cepat selesai sebelum deadline.

Sebagai team leader berusia muda, ada kesulitan mengatur tim?
Memang gampang-gampang susah, apalagi ada beberapa orang dalam tim yang usianya di atas saya. Namun, rasa canggung harus dihilangkan untuk profesionalitas bekerja. Biasanya saya memperlakukan mereka sebagai teman sebaya, tapi tetap menaruh respect sehingga komunikasi berjalan lancar.
 
Apa saja hal yang Anda pertimbangkan sebelum memilih pekerjaan?
Sejak awal saya memang selalu memilih pekerjaan yang sesuai passion. Kebetulan saya sangat tertarik dengan marketing dan komunikasi, sehingga pekerjaan yang saya tekuni sekarang dapat mengakomodasi passion saya. Ketika kita melakukan pekerjaan sesuai passion, hasil yang dapat pasti lebih baik dan bekerja lebih ikhlas.
 
Apa tantangan terbesar Anda dalam karier selama ini?
Pergantian tim yang cukup cepat. Tantangannya adalah kami harus beradaptasi dengan rekan kerja baru, dan setiap orang memiliki ritme kerja berbeda-beda. Tapi ini jadi motivasi dan tantangan saya sebagai team leader.
 
Pernah ada pengalaman tidak enak dengan klien?
Ha ha ha, beberapa kali, sih. Wajar ada perbedaan pemahaman dalam kerja sama antara kilen dengan agency. Tapi semuanya menjadi pelajaran berharga dan tangangan bagi saya dan tim. Sering sekali kami saling memotivasi satu sama lain.
 
Pernah bosan dalam berkarier?
Pasti pernah, tapi saya selalu melihat dari sudut pandang lain agar nggak terlalu membosankan. Untungnya, di kantor ada gym dan pool. Kalau bosan banget bisa istirahat dulu atau olah raga. Bisa juga ganti suasana meja kerja dan pasang beberapa quote positif.
 
Apa mimpi terbesar Anda dalam karier?
Saat ini saya sedang mengembangkan rencana untuk membuat start up bisnis dengan teman saya. Karena mimpi terbesar adalah memiliki usaha sendiri agar bisa memberdayakan banyak orang.
 
Dian Probowati
Foto: Pribadi