26 May 2019

Rencanakan Bujet Traveling Versi Travel Blogger

Masalah finansial sering menghambat kita melakukan perjalanan traveling ke luar negeri. Belum lagi gambaran menghadapi situasi darurat finansial saat berada di negeri orang. Padahal itu semua bisa dihindari jika kita memiliki persiapan matang dan managing bujet yang tepat, seperti tertuang dari penjelasan travel blogger, Titi Akmar, kepada CC berikut ini.

Dana Persiapan
Sebelum berangkat traveling, persiapkan finansial dengan baik. Pastikan Anda menyiapkan dana untuk tiga hal paling krusial berikut; tiket pesawat, penginapan, dan transportasi lokal. Lakukan persiapan sejak jauh-jauh hari setelah menentukan tanggal keberangkatan yang diinginkan. Lebih cepat Anda mempersiapkan, kemungkinan berhemat akan lebih besar.

Tiket pesawat
Sebelum membeli tiket pesawat lakukan simulasi terlebih dulu, satu per satu dari berbagai maskapai penerbangan. Tujuannya untuk mendapatkan harga terbaik. Jangan langsung tertarik dengan harga promo, perhatikan harga plus-plus, termasuk, bagasi, asuransi, konsumsi dalam pesawat, dan sebagainya. Terkadang harga tiket pulang-pergi (PP) promo pun tidak selalu sama. Cek pula harga tiket pesawat yang melakukan transit ke satu negara sebelum melanjutkan ke negara tujuan. Sering kali harga direct flight dari lokasi awal langsung ke negara tujuan jauh lebih mahal dibanding penerbangan transit.

Penginapan
Saat ini sudah banyak situs penyedia jasa reservasi online yang cukup akurat. Kita bisa melihat review penginapan beserta keterangan harga, foto, dan testimoni untuk dijadikan pertimbangan. Situs reservasi online pun sering memberikan potongan harga. Namun perhatikan juga lokasinya, ya. Jangan sampai hemat biaya penginapan, tapi uang terkuras habis untuk transportasi karena terlalu jauh.

Transportasi lokal
Jika berkunjung ke negara-negara yang sudah maju moda transportasinya, manfaat MRT atau subway untuk jalan-jalan dalam kota. Kita bisa mengakses situs MRT atau subway tersebut untuk menentukan dan memetakan tempat tujuan serta tentu saja mengetahui ongkosnya.

Dana yang dibawa
Buatlah estimasi kasar dana yang dibutuhkan selama traveling sesuai itinerary yang disusun. Titi menyarankan, sebaiknya sediakan uang lebih dalam bentuk dolar Amerika sekitar 70 persen dari perkiraan bujet. Dolar Amerika merupakan mata uang yang liquid dan mudah ditukarkan di negara mana pun. Jika tersisa pun akan mudah ditukarkan kembali ke rupiah.

Cari tahu artikel selengkapnya di Majalah Cita Cinta No. 21/XV yang edar 20 Oktober - 3 November 2014 ini di toko buku terdekat dengan harga Rp 24.000 yaaa...