17 Sep 2019

Ini Alasan Wanita Sering Digaji Lebih Rendah Dibanding Pria!

Masalah perbedaan gaji antara karyawan pria dan wanita memang nggak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Meskipun saat ini standar gaji lebih didasarkan pada lingkup pekerjaan, tanggung jawab, ataupun kompetensi seseorang, masih tetap ada saja perusahaan yang menggaji wanita lebih rendah daripada pria!



Berdasarkan survei yang diadakan oleh IT Contract and Recruitment Association (ITCRA), Australia, beberapa waktu lalu,  rata-rata karyawan IT wanita di Negeri Kanguru dibayar 28 persen lebih rendah daripada pria. 

Penelitian Chartered Management Institute (CMI) juga menunjukkan bahwa wanita cenderung mendapat bayaran sekitar 10 persen lebih rendah dibandingkan pria dengan peran dan jabatan yang sama. 

Lalu, apa alasan wanita mendapat gaji  lebih rendah dibanding pria? Salah satu alasannya adalah kurangnya kemampuan negosiasi. Banyak wanita yang tidak menegosiasikan gaji saat interview kerja karena takut memengaruhi proses penerimaan mereka sebagai karyawan. Hal ini berbeda banget dengan pria yang berani ‘pasang harga' saat  melamar pekerjaan.

Wanita juga sering berprinsip ‘lebih baik nanti' dalam urusan negosiasi gaji alias menunggu atasan melihat kinerja terlebih dahulu. Muncul harapan kalau gaji akan naik setelah hasil kerja terlihat memuaskan di mata atasan. Padahal, perusahaan jadi menganggap ini kesempatan memberikan gaji di bawah standar.

Asal tahu saja, saat menawarkan nominal gaji di tahap interview kerja, perusahaan sudah menurunkan standar karena berharap calon karyawan mau bernegosiasi. Kalau ragu memasang harga atau bahkan pasrah, sudah pasti gaji yang kita dapatkan akan kecil.

Fanny Indriawati
Foto: Fotosearch