23 Oct 2018

Cara Punya Mobil Meski Baru Bekerja

Punya mobil memang impian banyak orang. Apalagi gara-gara harganya yang nggak cukup dibeli pakai kartu kredit saja—kecuali kita memang dapat warisan atau punya kartu kredit dengan limit tidak terbatas. Bukan berarti nggak bisa punya mobil sama sekali. Meskipun kita baru bekerja, tetap bisa, tuh, punya mobil. Cek triknya, nih.
 
1. Tentukan mobil
Pilih harga mobil sesuai bujet dan serealistis mungkin. Kita bisa memilih mobil segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang biasanya dihargai senilai Rp 80 – 130 jutaan.
 
2. Tenor panjang
Gunakan fasilitas kredit dengan masa pinjaman 7-8 tahun. Fasilitas ini sering ditawarkan saat pameran kendaraan. Cara ini membuat cicilan lebih ringan sekitar Rp 1,4 juta per bulan dan uang muka lebih kecil sekitar Rp 20 juta.
 
3. Pengeluaraan Rp 1,5 juta
Kontrol pengeluaran kita. Pastikan pengeluaran bulanan nggak lebih dari Rp 1,5 juta, sudah termasuk uang makan dan transportasi harian. Sisanya gunakan untuk cicilan kendaraan.
 
4. Kerja sampingan
Ambil pekerjaan sampingan jika diperlukan untuk membuat keuangan lebih stabil, misalnya berjualan makanan ringan atau aksesori. Bikin target, misal penghasilan dari jualan aksesori minimal Rp 500 ribu per bulan.
 

Dian Probowati
Foto: Fotosearch