17 Dec 2018

6 Cara Jadi Atasan Fleksibel

Seorang atasan yang baik tentu bukan yang sangat galak, melainkan mampu memotivasi bawahannya agar memiliki kinerja yang oke. Untuk itu, sebaiknya kita memang memiliki kedekatan dengan anak buah, sehingga mereka menilai kita fleksibel dan menjadi contoh yang baik. So, agar bawahan semakin semangat di bawah kepemimpinan kita, coba lakukan hal ini. 
 

Mengatur Jam Kerja
Terlambat masuk kerja hingga 30 menit masih ditolerir asalkan dengan alasan yang jelas dan bersedia menambah jam kerja sebagai gantinya.
 
Delegasi Tugas
Saat memberikan tugas tambahan kepada bawahan, kita membebaskan mereka untuk mengembangkan ide tugas tersebut dan mengerjakannya sekreatif mungkin. Namun, kita tetap melakukan pengawasan dan memberikan saran. Bawahan pun diperbolehkan membentuk tim kerja.
 
Deadline Kerja
Sebelum mengajukan deadline kerja, bawahan diperbolehkan menentukan deadline-nya sendiri beserta alasan serta strategi kerja. Tapi, mereka tetap harus terbuka dengan deadline yang lebih ketat, lalu mintalah mereka memberikan laporan hasil kerja setiap 3 hari.
 
Lokasi Rapat
Sesekali adakan rapat di luar kantor untuk merangsang ide segar sekaligus mengakrabkan diri dengan bawahan.
 
Training Karyawan
Ajak karyawan berdiskusi untuk memberikan masukan training apa saja yang dibutuhkan mereka. Lihat potensi yang dimiliki anak buah, jika mereka memiliki skill tertentu yang harus dikembangkan, ajaklah untuk mengikuti training yang ada.
 
Berikan Evaluasi
Jangan hanya memberikan evaluasi 6 bulan atau satu tahun sekali. Lakukan evaluasi untuk setiap bawahan setiap bulan agar mereka mengetahui kekurangan dan kelebihan mereka dalam bekerja.
 

Saparinah Mumpuni
Foto: Fotosearch