18 Feb 2019

5 Tip Berhemat yang Menyenangkan

Gaji bulanan hilang tak berbekas hanya dalam satu minggu. Sudah waktunya Anda berhemat. Sayangnya, banyak orang mengidentikkan hemat dengan hidup sulit dan menderita karena harus memangkas uang dalam jumlah banyak. Padahal banyak cara berhemat yang menyenangkan bisa dilakukan. Berikut ini beberapa di antaranya.
 
 
Bawa bekal
Ini salah satu cara paling sederhana yang bisa dilakukan. Berhemat bukan berarti nggak bisa makan enak. Bangun lebih pagi sebelum berangkat kerja dan masaklah makanan favorit kita, misalnya fuyung hai plus jus buah. Hemat, sehat, dan memuaskan perut di siang hari.
 
Sharing bekal
Ajaklah teman satu kantor atau satu divisi untuk sama-sama membawa bekal. Ketika makan siang tiba, kita dan teman-teman bisa saling bertukar menu makanan, deh. Jadi nggak bosan lagi makan bekal rumahan yang itu-itu saja. Keriaan teman-teman akan menambah suasana fun saat makan siang. Stres karena harus berhemat pun bisa terobati.
 
Perawatan di rumah
Saat bujet salon terpaksa dipangkas, nggak usah khawatir kita tetap bisa melakukan perawatan di rumah. Misalnya, nih, untuk perawatan tubuh gunakan bahan lulur tradisional yang harganya sangat terjangkau.  Atau, untuk perawatan muka bisa menggunakan masker ampas kopi bubuk. Selain itu, masih banyak perawatan lain yang bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan sederhana. Hemat dan tetap cantik, deh.
 
Barang secondhand
Ingin hemat tapi tetap belanja? Tentu bisa. Kuncinya, pintar memilih. Barang-barang bagus nggak hanya bisa didapatkan di mal dengan harga ratusan ribu. Coba, deh, sesekali jalan ke Pasar Baru, atau Pasar Senen, banyak banget harta karun barang-barang secondhand yang bisa didapatkan di sana dengan harga miring. Atau, cari tahu informasi bazar barang-barang secondhand yang bisa didatangi. Jika nggak ingin barang bekas, untuk barang kebutuhan rumah tangga, kita bisa memanfaatkan toko-toko yang memberikan fasilitas “satu harga  untuk semua barang”.
 
Hiburan gratis
Semua orang butuh hiburan. Namun demi penghematan, terpaksa libur dulu nonton biskop dan konser. Jangan sedih, sebagai gantinya Anda bisa cari hiburan lain gratis. Caranya, pinjam dvd atau unduhan film dan serial drama ke teman Anda yang rajin mengoleksi. Bisa juga lakukan refreshing jalan-jalan ke taman kota, atau belajar memasak dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.
 
Selamat mencoba!
 
Dian Probowati
Foto: Fotosearch