18 Feb 2019

5 Tip Sehat di Kantor

Kesibukan kita sebagai karyawan mau nggak mau mengurangi waktu kita untuk berolahraga. Kalau nggak mau kesehatan tubuh menurun, kita kudu mencari celah, tuh, untuk menggerakan badan dan menjalankan pola hidup sehat. Berikut tujuh tip agar tubuh sehat di kantor....

 
Rapikan Meja
Ciptakan meja kerja yang rapi dan bersih untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit. Bereskan file dan buang kertas-kertas nggak penting sebelum pulang. Lap komputer, keyboard, hardisk, meja, dan telepon hingga bersih. Virus dapat menempel di permukaan suatu benda selama berhari-hari. Jadi, jangan sampai kita diare karena meja kotor!
 
Istirahatkan Mata
Demi mempertahankan kesehatan mata, alihkan pandangan dari komputer tiap satu jam sekali. Melihat pemandangan luar dari jendela kantor maupun memandang tanaman hijau yang ada di atas meja akan merelakskan otot mata yang tegang. Radiasi dari monitor komputer dapat membuat mata nyeri. Untuk amannya pasanglah kaca penahan radiasi di komputer kita. Supaya mata nggak sakit, jarak antara monitor dan mata mesti selebar lengan kita.
 
Makan Bergizi
Empat sehat lima sempurna adalah menu yang mesti kita penuhi saat makan, termasuk saat makan siang di kantor. Jika nggak membawa bekal, boleh juga, tuh, jajan gado-gado, pecel, atau karedok yang mengandung sayur! Bagi pecinta salad, sah-sah saja menjadikannya sebagai menu makan siang. Gunakan mayonaise secukupnya untuk mencegah lemak berlebihan masuk ke dalam tubuh kita.
 
Udara Terbuka
Udara di dalam ruangan ber-AC lebih lembap dan tidak sehat. Untuk menyegarkan diri keluarlah dari gedung (cukup lima menit), tarik napas, dan isi paru-paru kita dengan oksigen baru. Akan lebih baik, tuh, kalau sesekali kita makan siang di restoran dengan udara terbuka. Nggak cuma tubuh yang lebih segar, tapi juga perasaan kita!
 
Napas Segar
Napas segar dapat meningkatkan kepercayaan diri, apalagi jika pekerjaan mengharuskan kita berinteraksi dengan banyak orang! Selain menyikat gigi dan flossing, kita juga bisa, tuh, berkumur menggunakan obat kumur antiseptik setelah makan siang. Nggak hanya nafas yang harum, plak gigi juga nggak bakal terbentuk.
 
Vini Damayanti
Foto: Fotosearch