17 Sep 2019

5 Tip Lembur Efektif

Siapa, sih, yang mau lembur? Tapi di momen-momen tertentu—seperti menjelang event kantor—ada kalanya, tuh, kita terpaksa tinggal lebih lama untuk menyelesaikan pekerjaan. Lelah? Pasti! Namun demi kelangsungan perusahaan, kita tentu harus tetap produktif, nih, saat lembur. Ini tip lembur efektif...
 
#Tentukan Prioritas
Di minggu-minggu sibuk tentulah kita sudah bisa mengira-ngira akan lembur di hari apa. Kita mesti membuat prioritas, nih, mengenai pekerjaan yang harus dilakukan. Misalnya, bikin rundown dan cue card event di pagi hari karena memerlukan konsentrasi tinggi. Plus, butuh approval bos yang hanya ada di kantor siang hari. Malam harinya, barulah kita bikin transkrip dan notulen rapat. Sesuaikan waktu dengan tipe tugas.
 
#No Gossip
Ini mungkin bagian tersulit, he he he. Bergosip, tuh, tanpa disadari dapat mengurangi menit-menit yang sangat berharga—bahkan nggak jarang satu topik menghabiskan waktu 30 menit. Padahal, nih, sepanjang waktu tersebut kita bisa menyelesaikan satu laporan atau membalas e-mail klien. Nggak tahan ingin chit-chat? Lakukan sambil break makan malam—perut kenyang hati puas.
 
#Lakukan Peregangan
Bekerja delapan jam sehari saja—apalagi jika duduk terus menerus—sudah membuat bokong sakit. Bagaimana jika 10-12 jam? Solusinya, usahakan untuk bangkit dari kursi tiap satu jam untuk melakukan peregangan. Boleh juga, sih, jika mau membuat kopi sebagai selingan. Yang penting, istirahatkan mata dari komputer sekaligus gerakkan tubuh selama lima hingga sepuluh menit.
 
#Air Putih
Kerja boleh, namun jangan lupa untuk mengisi cairan tubuh dengan minum air putih. Bekerja berjam-jam di depan komputer, tuh, cukup menguras energi dan dapat membuat tubuh dehidrasi. Jadi, pastikan botol minum ada di samping kita agar mudah diraih begitu tubuh ‘teriak’ kehausan.
 
#Bersihkan Meja
Yap, kertas bertebaran dan file yang menumpuk turut andil dalam memperlambat kinerja kita. Kita jadi membuang waktu beberapa menit, kan, hanya untuk mencari catatan atau kertas yang terselip. Sebelum pulang, buang sampah-sampah dan rapikan aneka benda di atas meja. Keesokan harinya kita pun dapat mulai bekerja lebih awal dan efektif!
 
Vini Damayanti
Foto: Fotosearch