17 Sep 2019

5 Cara Menolak Perintah Atasan

Terkadang kita kesulitan mengatakan ‘tidak’ untuk menolak permintaan atasan.  Kata ‘tidak’ yang sudah di ujung mulut tiba-tiba urung disampaikan. Sebenarnya menolak permintaan atasan, tuh, sah-sah saja—asalkan alasannya tepat. Ini caranya.
 
Jujur dan tegas
Katakan dengan jujur alasan kita nggak bisa menerima perintahnya, meski alasan tersebut berkaitan dengan hal pribadi. Misalnya, bentrok dengan acara keluarga, sudah beli tiket traveling, dan sebagainya. Sampaikan kepada atasan dengan cara yang tegas, tapi sopan agar tidak terkesan ‘menghindar’. Untuk meyakinkannya,  katakan bahwa kita siap dilibatkan dalam tugas yang sama di lain waktu.
 
Utamakan prioritas
Beri penjelasan pada atasan bahwa kita memiliki tugas dan tanggung jawab utama yang masih harus diselesaikan. Ingatkan pula deadline tugas utama tersebut, sehingga atasan mengerti bahwa kita nggak memungkinkan menjalankan tugas tambahan. Lalu katakan kita akan lebih siap dengan tugas tambahan saat tugas utama itu selesai.
 
Perhatikan kapasitas pekerjaan
Jika kita merasa beban pekerjaan sudah melebihi kapasitas, katakan terus terang pada atasan. Jangan langsung menolak perintahnya secara frontal, namun beri penjelasan bahwa jika kita mengambil tugas yang diberikan, bisa jadi hasilnya tidak akan optimal.
 
Bukan ahlinya
Sering kali atasan memberikan tugas tambahan di luar bidang keahlian kita. Namun ini justru bisa dijadikan alasan untuk menolaknya. Katakan dengan baik bahwa kita nggak terlalu menguasai hal tersebut dan masih harus banyak belajar sehingga khawatir hasil yang diperoleh nggak memuaskan.
 
Tawarkan Solusi
Jangan hanya menolak, tapi tawarkan solusi lain pada atasan. Ajak atasan berdiskusi. Misalnya, jika kita memiliki ide lain yang mungkin memungkinkan dijalankan dengan lebih simpel dan tenggat waktunya fleksibel, atau berikan usulan jika kita memiliki rekomendasi orang lain yang lebih tepat atau ahli di bidang tersebut sehingga bisa mengerjakan dengan baik. Atasan tentu akan menghargai kita.

Dian Probowati
Foto: Fotosearch