17 Sep 2019

4 Trik Agar Dilirik di LinkedIn

Sayang banget jika hingga sekarang kita belum juga membuat akun LinkedIn. Pasalnya, kini mayoritas personalia perusahaan menggunakan LinkedIn untuk mencari calon karyawan di perusahaannya. Tapi, agar laku dan mendapatkan tawaran kerja melalui LinkedIn nggak bisa hanya dengan membuat profil asal-asalan. Lakukan trik berikut agar kita berhasil meraih posisi impian. 

Deskripsikan Pekerjaan
Jangan hanya membuat profil lalu ditinggalkan, kita harus mengisinya selengkap mungkin. Sebutkan semua deskripsi pekerjaan kita sehingga setiap orang yang melihat profil kita memiliki bayangan apa saja yang sudah kita kerjakan. Jadi, jika mereka menawarkan pekerjaan, mereka sudah tahu siapa kandidat yang tepat.
 
Foto Formal
Beda dengan profil media sosial yang boleh menampilkan suasana yang fun, untuk foto di LinkedIn sebaiknya tampilkan foto formal. Bukan berarti harus menampilkan pasfoto kaku, minimal pajanglah foto kita yang berpakaian rapi, dan wajahnya terlihat jelas serta cantik.
 
Berikan Link
Jangan hanya profil dan deskripsi pekerjaan kita, sertakan pula portofolio atau contoh pekerjaan yang pernah kita jalankan. Nggak berarti kita yang nggak bekerja di dunia kreatif nggak bisa melakukannya, tapi kita bisa menambahkan daftar prestasi atau artikel yang relevan dengan pekerjaan. Tunjukkan pribadi yang cerdas untuk menarik perhatian HRD.
 
Update Profil
Rutinlah memperbarui profil kita, terutama jika ada perubahaan yang lumayan besar. Misal, kita berhasil menjalankan proyek besar, atau sekadar memenangkan kompetisi—meski bidangnya di luar pekerjaan. Kadang tawaran datang dari perubahan profil tersebut. 


Saparinah Mumpuni
Foto: Fotosearch