17 Sep 2019

4 Pertimbangan Sebelum Menolak Promosi

Saat mendapat promosi, tentunya, nih, kita senang. Namun apa jadinya, tuh, jika tawaran promosi yang ada justru tidak sesuai harapan? Mau menolak, tapi nggak enak kepada atasan. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan menerima atau menolak tawaran promosi….
 


Dengarkan Penjelasan Bos
Yap, jangan langsung defensif saat bos menawarkan posisi yang menurut kita nggak kita banget. Berikan kesempatan kepadanya untuk menjelaskan tawaran yang ada. Dengan begitu, kita akan dianggap sebagai orang yang berpikiran terbuka.
 
Tanyakan Hak & Kewajiban
Apa saja yang akan kita dapatkan dari promosi ini? Lalu, apa saja kewajiban kita nantinya? Ini bisa menjadi pertimbangan kita dalam menentukan langkah selanjutnya—apakah kita sanggup atau tidak menjalankannya.
 
Minta Waktu Berpikir
Jangan terburu-buru mengambil keputusan. Beri kesempatan kepada diri sendiri untuk memikirkan plus minusnya. Jadi, mintalah kepada atasan untuk memberi kita waktu agar bisa berpikir.
 
Pertimbangkan Jangka Panjang
Sebelum akhirnya memutuskan untuk menerima atau menolak tawaran promosi, kita harus memikirkan jangka panjangnya. Apakah dengan posisi ini kita akan semakin mengembangkan kemampuan diri? Atau, justru makin mentok? Pilih yang bisa membuat diri kita berkembang….
 
Vini Damayanti
Foto: Fotosearch