20 Jun 2019

4 Keuntungan Bekerja di Perusahaan Kecil

Kebanyakan orang berebut untuk bisa bekerja di perusahaan besar yang bonafit. Selain terlihat keren, perusahan besar dinilai lebih banyak memberikan keuntungan mulai dari gaji hingga tunjangan. Padahal perusahaan kecil atau berkembang juga banyak memberikan keuntungan, tuh. Keuntungan, kan, tak hanya dilihat dari materi tapi juga kenyamanan bekerja kesempatan berkembang dalam karier, dan sebagainya. Berikut ini lima keuntungan bekerja di perusahaan kecil.

 
Lingkungan kerja kekeluargaan
Lingkup pekerjaan yang kecil, misalnya kurang dari 200 orang, memudahkan karyawan saling mengenal satu sama lain. Tak hanya bisa mengenal sesama divisi, tapi juga karyawan dari divisi lain. Ini akan memunculkan suasana kekeluargaan yang secara tak langsung dapat meningkatkan produktivitas kerja. Selain itu memudahkan dalam birokrasi kerja.
 
Lebih “terlihat” atasan
Dengan jumlah karyawan yang sedikit, hasil kerja kita lebih mudah “terlihat” oleh atasan, sekecil apa pun itu. Kita bisa memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan untuk menunjukan kualitas bekerja yang baik. Jika atasan memberikan apresiasi baik kepada hasil kerja kita, tentu akan menambah semangat bekerja.
 
Cepat dapat promosi
Jika kita bisa menunjukan hasil kerja yang baik secara konsisten, kemungkinan mendapat promosi akan lebih cepat. Apalagi jika hasil kerja kita lebih menonjol dibanding karyawan lain. Ini tentu membawa keuntungan untuk perkembangan karier kita sebagai karyawan.
 
Belajar multitasking
Perusahaan kecil cenderung memaksimalkan kemampuan dan keahlian para karyawannya untuk mengerjakan segala hal dalam kantor. Karena itu, bisa jadi kita nggak hanya mengerjakan apa yang menjadi job desk kita tapi juga pekerjaan lain. Mungkin hal tersebut tidak terdengar positif, tapi jika kita menyuakai tantangan justru akan bersemangat. Anggap saja mempelajari hal baru untuk memperkaya ilmu sekaligus sebagai selingan menghindari kebosanan bekerja.
 
Dian Probowati
Foto: Fotosearch