20 Jun 2019

4 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Membuat Kesalahan di Kantor

Ketahuan rekan kerja saat sedang ngegosipin dia? Atau, kepergok atasan saat sedang mengirim lamaran kerja ke perusahaan lain? Itu hanya dua kesalahan yang bisa terjadi kepada kita di kantor. Kalau sudah begitu, alih-alih langsung minta maaf, kita malah panik dan heboh sendiri karena takut. Coba beberapa langkah untuk memperbaiki kesalahan di kantor.

 
Segera minta maaf
Ajukan permohonan maaf secepatnya supaya masalah nggak berlarut-larut. Pastikan juga kita melakukannya atas inisiatif sendiri—bukan karena ada orang lain yang menyarankan atau malah si ‘korban’ sendiri yang menagih permintaan maaf dari kita. Jika ingin menjelaskan alasan kita melakukan kesalahan itu, ungkapkan tanpa ada nada defensif. Hindari kesan kita sedang membela diri.
 
Ungkapkan secara langsung
Hindari minta maaf lewat e-mail, apalagi untuk kesalahan yang sifatnya personal. Jika kesalahan bersinggungan langsung dengan seseorang, lebih baik kita meminta maaf secara langsung supaya bisa melihat reaksinya. Kita jadi tahu sejauh mana kesalahan kita memengaruhinya dan apakah dia tulus memaafkan.
           
Siap menerima sanksi
Kita harus siap menerima konsekuensi kesalahan kita, misalnya dimusuhi atau dapat SP. Jika nggak terima dan malah sewot, orang lain akan menilai kita nggak merasa menyesal. Lebih baik tunjukkan sifat sportif dan berusaha memperbaiki kesalahan.
 
Tidak mengulangi kesalahan
Lakukan tindakan pencegahan supaya kesalahan yang sama nggak terulang lagi. Misalnya, nggak lagi membuat surat lamaran kerja di kantor atau ngegosipin rekan kerja. Jangan sampai terperosok ke lubang yang sama, dong.
 
Fanny Indriawati
Foto: Fotosearch