22 Feb 2020

4 Alasan Kita Selalu Kekurangan Uang

Baru awal bulan, saldo rekening bank kita sudah tiris banget? Pastinya, nih, kita sangat tersiksa jika nggak punya dana lagi, sementara gajian masih hitungan sekian minggu lagi. Jangan sampai situasi ini terulang. Kenali alasan kita selalu kehabisan uang, lalu atasi….
 


Baper
Ada yang bilang kalau sebaiknya kita tidak berbelanja saat lapar, bete, kesepian, dan lelah. Soalnya, nih, kita cenderung impulsif ketika kebawa perasaan. Hasilnya, tanpa sadar kita mengeluarkan sekian ratus ribu rupiah untuk ngemil atau membeli syal branded. Padahal, sih, idealnya kita belanja saat memang membutuhkan suatu hal, bukan ketika galau.
 
Tergoda Big Sale
Ngaku, deh, Anda pasti tergabung sebagai member di beberapa situs daily deals. Hasilnya, Anda sering menerima e-mail yang isinya mempromosikan produk-produk diskon. Nah, kita harus kuat mental, tuh, agar nggak mudah tergoda. Jika Anda memang sedang butuh jam tangan baru karena jam tangan lama rusak, sih, nggak masalah membelinya. Namun, jangan belanja hanya karena iming-iming diskon 50%!
 
Kalap Menerima Piutang
Saat teman mengembalikan utangnya, Anda pun langsung merasa tajir. Padahal, kan, uang Anda bukan bertambah, melainkan dikembalikan! Apalagi, jika sebenarnya teman mengembalikan uang karena pernah bertransaksi menggunakan kartu kredit Anda. Artinya, Anda harus membayarkannya ke pihak bank. Sebaiknya, sih, langsung simpan uang Anda ke bank, apalagi jika nominalnya banyak!
 
Merasa Kaya
Siapa, sih, yang nggak suka saat menerima bonus atau uang THR? Namun, bukan berarti kita boleh berfoya-foya menghabiskannya, tuh. Sebisa mungkin, simpan sebagian bonus untuk investasi, syukur-syukur jika bisa sampai 50%. Sisanya, bagi antara dana darurat dan kebutuhan sehari-hari—termasuk hiburan.
 
Vini Damayanti       
Foto: Fotosearch