20 Jun 2019

Trik Atasi Kejadian Tidak Terduga Ketika Pesta

"Yeaayyy, selamat ulang tahun!" Persiapan sudah oke. Para tamu juga sudah bersenang-senang di pesta kita. Tiba-tiba ada kejadian  terduga—seperti berikut ini—membuat pesta terancam bubar.  Jangan panik dulu, ada triknya supaya pesta tetap berlangsung dengan baik.

Tiba-tiba… Saudara datang
Kalau tiba-tiba saudara datang, beramai-ramai pula, berarti ada ruangan yang mau dipakai. Coba ngobrol dengan mereka jika ada ruangan  yang mau dipakai. Kalau memungkinkan, coba ajak gabung mereka.

Tiba-tiba… mantan datang dengan cewek lain
Pasti bikin bête banget, nih! Cepat selamatkan hati (dan harga diri, he he he). Ajak ngobrol teman-teman lain atau cowok ganteng yang ada di situ. Dengan begitu, kita tidak terlihat desperate.

Tiba-tiba… ada barang pecah
Lagi seru-serunya berpesta… tiba-tiba guci kesayangan ortu pecah. Atau ada barang lain yang rusak. Nggak perlu saling menyalahkan karena itu tanggung jawab bersama. Minta maaf bareng –bareng kepada pemilik barang. Kalau memang perlu mengganti barang itu, satu sama lain berpatunganlah.

Tiba-tiba.. tamu tidak diundang
Teman-teman lalu datang membawa teman-teman mereka yang lain dan tidak kita kenal. Jangan diusir dulu! Coba berkenalan dengan tamu nggak diundang tadi. Siapkan juga acara perkenalan singkat supaya sesama undangan bisa saling berkenalan.

Tiba-tiba… makanan habis
Nggak perlu panik jika makanan habis. Pergi ke toko makanan terdekat dan beli camilan yang disukai banyak orang, misalnya keripik kentang. Jika mau makanan berat, langsung delivery. Tapi, untuk urusan biaya, diskusikan dengan teman-teman yang lain, jika saja mereka mau ikut patungan membelinya.

Tiba-tiba… belum ada tamu yang datang
Sabar. Mungkin mereka cuma terlambat. Telepon atau kirim pesan ke teman-teman dekat yang sudah diundang bahwa mereka harus datang. Jika memang akhirnya cuma sedikit undangan yang datang, buat acara yang lucu dan heboh. Misal, karaoke lagu-lagu judul atau tebak kata.

Tiba-tiba…. hujan
Cuaca memang susah ditebak. Mungkin banget, nih, tiba-tiba hujan mengganggu outdoor party kita. Maka, sebelumnya, siapkan cadangan acara indoor. Jika sudah keburu hujan, selamatkan makanan ke dalam ruang. Lalu lanjut saja acara di dalam ruang.


Meiranie Nurtaeni
Foto: Fotosearch