23 Jan 2020

Drama Descendants of the Sun Bikin Pasangan Bercerai

Meski baru tayang hingga episode 6, popularitas drama seri Descendants of the Sun nggak hanya berlangsung di Korea, tapi juga negara Asia lainnya. Namun, popularitas ini juga menimbulkan kontroversi. Di Tiongkok, pemerintahnya menghimbau warga mereka untuk tidak lanjut menonton karena dianggap dapat merusak rumah tangga!

 
Descendants of the Sun menceritakan tentang kisah cinta antara tentara bernama Yoo Shi-jin (Song Joong-ki) dan dokter bernama Kang Mo-yun (Song Hye-kyo) yang bertugas di medan perang. Duet Song ini sudah ditunggu banyak orang karena merupakan drama pertama Joong-ki pasca selesai wajib militer, sedangkan Hye-kyo adalah Korean sweetheart.
 
Sejak tayang 24 Februari lalu, rating Descendants of the Sun selalu meningkat. Berdasarkan ABG Nielsen, di episode pertamanya, drama ini memperoleh rating 14,3. Saat episode 6 tayang 10 Maret lalu, rating drama yang tayang di KBS2 ini mencapai 28,5.
 
Descendants of the Suns merupakan serial Korea pertama yang tayang di dua negara pada waktu bersamaan, yaitu Korea dan Tiongkok. Di Tiongkok, drama ini nggak kalah populer. China Times melaporkan kalau di iQiyi, online Video Platform Tiongkok, hit drama ini mencapai 440 juta view—mengalahkan view drama sensasional My Love from the Star di tahun 2014!
 
Saking populernya drama ini di Tiongkok, melalui Weibo pemerintah pun memberikan peringatan kepada warganya untuk tidak melanjutkan menonton Descendants of the Sun. Menurut pemerintah Tiongkok, banyak kasus terjadi akibat warga mereka menonton drama Korea. Mulai dari perceraian, hingga suami yang melakukan operasi plastik seperti aktor Korea demi memenangkan hati istrinya kembali.

Ada-ada saja, ya.... Namun kalau menonton untuk hiburan, sih, harusnya nggak masalah, tuh, he he he.
 
Vini Damayanti
Foto: Soompi