20 Apr 2019

6 Trik Agar Tambah Pintar

Ada yang bilang percuma saja jika kita mempelajari bahasa asing saat menjelang 30 tahun. Pasalnya, otak nggak bisa menerima berbagai informasi dengan mudahnya.  Akibatnya kita pun malas mengisi otak kita dengan berbagai info lainnya. Bekerja sehari-hari kita anggap cukup. Padahal, kurang mengasah otak berisiko membuat kita pikun lebih cepat. Selain itu, tidak pernah ada kata terlambat untuk membuat kita lebih pintar. Agar tetap pintar dan kemampuan otak tetap berkembang, lakukan trik ini. 
 

Nonton TV
Tentunya bukan sembarang program, melainkan pilih serial TV yang membuat otak kita ikut bekerja, seperti Criminal Minds atau CSI. Cobalah ikut menerka siapa pembunuh atau apa latar belakang pembunuhannya. Kondisi ini akan membantu otak untuk menimbulkan rasa ingin tahu sekaligus memecahkan masalah.
 
Baca Buku ‘Berat’
Selain novel atau buku ringan, coba sesekali baca buku yang menurut kita agak ‘berat’ isinya. Misalnya, buku sastra, novel sciense, atau novel tentang filsafat. Memang, sih, ribet membacanya tapi otak kita menjadi bekerja keras untuk mengerti isinya.
 
Mainkan Games
Jangan anggap enteng berbagai permainan yang ada di ponsel kita. Jika kita meluangkan waktu 15 menit sehari, permainan akan membantu otak kita menjadi lebih segar dan siap menerima hal baru.
 
Bermain Warna
Mewarnai gambar yang ada di buku bukan hanya untuk ikutan tren. Melihat berbagai warna dan menorehkan pensil warna di kertas akan membuat otak menjadi lebih kreatif dan membantu kita mendapatkan ide baru.
 
Bergaul
Ikutlah komunitas yang anggotanya nggak terbatas kepada golongan tertentu, misalnya Kelas Inspirasi. Banyak banget orang-orang pintar yang bergabung dengan komunitas tersebut. Memperluas pergaulan akan membuat pikiran kita menjadi lebih terbuka dan mendapatkan cara memecahkan masalah yang baru.
 
Menyetir
Nggak bisa menyetir? Mulai, deh, belajar. Soalnya menyetir membantu kita untuk lebih fokus dan berkonsentrasi.
 
Saparinah Mumpuni
Foto: Fotosearch