20 Jun 2019

5 Keluarga Kaya di Dunia

Nggak cuma Bill Gates yang punya duit banyak. Ada juga beberapa orang kaya di dunia yang tercatat memiliki harta kekayaan luar biasa. Kebanyakan mereka adalah pengusaha, bahkan ada yang sudah menjadi pengusaha sebelum abad 21 dan terus menurunkan kekayaannya ke anak dan cucu hingga saat ini. Penasaran? Ini dia beberapa keluarga terkaya di dunia.
 
 
Keluarga Rothschild
Keluarga Rothschild berasal dari Jerman dikenal sebagai salah satu keluarga terkaya dalam sejarah dunia. Mayer Amschel Rothschild menjalankan bisnis perbankan sejak tahun 1760. Bersama ketiga putranya, Mayer mengembangkan bisnis perbankan hingga mencapai Inggris, Prancis, Austria, Naples, dan beberapa negara Eropa lain.
Keturunan keluarga Rothschild hingga kini masih bergelut dalam bisnis, meski nggak seternama dahulu. Kini mereka menjalani beragam bidang termasuk jasa keuangan, real estate, pertambangan, energi, pertanian campuran, anggur, dan badan amal. Karena kekayaan keluarganya bersifat pribadi, sulit untuk memastikan besarannya. Namun diperkirakan mencapai 700 triliun dolar.
 
Keluarga Walton
Sam Walton yang telah memulai bisnis lebih dulu, mengajak adiknya Bud Walton memulai bisnis bersama sejak 1954. Perlahan usaha mereka berkembang hingga memiliki 16 toko retail dalam kurun waktu dua tahun. Baru pada tahun 1962 mereka akhirnya mendirikan the famous Walmart. Bisnis ini masih terus berkembang sampai sekarang. Hingga Januari 2016 Walmart memiliki 11.535 counter di 27 negara. Setelah wafat, Sam dan Bud mewariskan kekayaan mereka kepada masing-masing anaknya. Keluarga Walton tetap menjaga kepemilikan saham retail terbesar di dunia ini sebesar 54 persen. Total kekayaan keluarga ini mencapai 152 miliar dolar.
 
Keluarga Mars
Tahu, kan, merek cokelat dan permen Mars yang sangat terkenal. Keluarga inilah pendirinya. Perusahaan cokelat Mars, Inc. didirikan oleh Franklin Clarence Mars tahun 1911. Tahun 1923, anaknya Forrest Edward Sr. menduduki kursi dewan direksi perusahaan. Pada masa Forrest menjabat cokelat ikonik Mars batangan dan M&M diciptakan. Ketiga anaknya, Forrest Jr, Jacqueline, dan John saat ini memiliki 100 persen saham Mars Inc. dengan total kekayaan mencapai 80 miliar dolar.
 
Keluarga Cargill – Macmillan
Cargill Inc, merupakan perusahaan terbesar di AS didirikan oleh William Wallace Cargill tahun 1865. Awalnya perusahaan itu merupakan perusahaan bisnis penyimpanan gandum. Namun seiring waktu berjalan perusahaan Cargill memperluas bidang bisnis mencakup perdagangan, pembelian dan pendistribusian biji-bijian serta komoditas pertanian lainnya. Hingga kini keluarga Cargill masih memegang 90 persen saham perusahaan. Kekayaan mereka diperkirakan mencapai 45 miliar dolar.
 
Keluarga Bettencourt
Lilliane Bettencourte adalah salah satu wanita terkaya di dunia. Dialah pewaris dan pemegang saham di L’Oreal, perusahaan kosmetik yang didirikan oleh ayahnya, Eugen tahun 1907. Lilliane menjalankan bisnisnya hingga 2011, kemudian diwariskan kepada cucunya Jean Victor Meyers tahun 2012. Kekayaannya mencapai 42,7 miliar dolar.
 
Dian Probowati
Foto: metrojacksonville.com, freeinfosociety.com, vogue.co.uk, pinterest.com, Wikipedia.org