20 Jun 2019

4 Tip Mengucapkan Rasa Duka

Saat orang terdekat merasa berduka—baik karena anggota keluarganya meninggal dunia, di-phk karena perusahaannya ditutup, atau putus cinta—tentunya, nih, kita tergerak untuk mengucapkan simpati turut berduka. Namun, kadang ada perasaan nggak enak alias cemas membuatnya makin sedih. Berikut lima cara untuk mengucapkan rasa duka tanpa membuat situasi nggak enak….
 
 
Ucapkan Personal
Daripada mengucapkannya di grup Whatsapp, akan lebih baik jika kita melakukannya melalui pesan pribadi. Saat sedang berduka, kadang seseorang bisa jadi enggan menjadi pusat perhatian. Jadi untuk amannya, nih, ucapkan secara personal—baik via WA atau bertemu langsung—agar dia merasa lebih nyaman membalasnya.
 
Pilih Kata Tepat
Ungkapkan kepadanya kalau kita baru saja mendengarkan berita sedih tentangnya. Namun, hindari menanyakan bagaimana perasaannya. Saat berduka, tiap orang pasti merasa sedih—ini hal yang nggak perlu dipertanyakan. Sebagai gantinya, lebih baik ungkapkan kalau kita sama sekali nggak bisa membayangkan bagaimana perasaannya.
 
Dengarkan Keluh Kesahnya
Saat mengucapkan rasa duka, jelaskan kepadanya kalau kita selalu bisa menjadi tempat curhatannya. Dengarkan ceritanya agar dia bisa melepaskan kesedihannya. Berikan masukan-masukan kepadanya jika dia memintanya, namun cobalah tidak berbicara saat dia sedang mengungkapkan perasaannya. Dengan begitu dia bebas menumpahkan unek-uneknya.
 
Menjadi Sandaran
Ketika orang terdekat menangis karena saking sedihnya, katakan kepadanya kalau dia bisa menangis lepas dan kita berada di sisinya untuk mendengarkan kesedihannya. Berikan juga pelukan atau usapan di bahu maupun lengannya untuk menenangkan dirinya.
 
Vini Damayanti
Foto: Fotosearch