20 Jun 2019

3 Trik Foto Makanan Instagrammable

Sekarang bukan hal aneh kalau kita hobi memajang foto makanan di media sosial. Ingin mendapatkan foto makanan yang Instagrammable menggunakan ponsel? Segera pelajari triknya, deh, biar makin banyak mendapat 'Like' dan 'Love' plus menuai pujian.
 
1. Cari angle
Biasakan untuk memfoto makanan menggunakan angle atas dan mainkan sudut kemiringan—biasanya agak ke bawah mendekati objek foto. Posisikan makanan tersebut di bagian tengah sehingga tetap jadi pusat perhatian. Bisa juga menggunakan angle flatlays, alias semua terlihat datar di atas meja. Meski proporsi makanan memenuhi layar, jangan lupakan detail di sekitarnya, ya.
 
2. Cukup cahaya
Cahaya yang pas akan membuat objek makanan tetap fokus. Kita bisa memindahkan piring ke bawah lampu atau dekat jendela untuk pencahayaan alami sehingga terlihat lebih jelas—tanpa bayangan—dan menggiurkan. Kalau perlu, nih, gunakan flashlight dari fitur ponsel dan jangan malas melakukan beberapa eksperimen untuk mendapatkan pencahayaan yang tepat.
 
3. Pilihan filter
Jika objek foto kita sudah terlihat oke, sebenarnya nggak perlu memakai filter—apalagi banyak orang yang menghargai tagar #nofilter, he he he. Namun, bila ingin foto yang lebih dramatis, sih, boleh-boleh saja. Untuk makanan sebaiknya memilih nuansa hangat, seperti cokelat hingga merah. Kita bisa memaksimalkan foto dengan menggunakan beberapa filter Instagram berikut:
  • Amaro: Untuk mencerahkan foto yang gelap—terutama bila diambil di dalam resto yang memiliki pencahayaan rendah.
  • Rise: Memberikan pencahayaan ringan pada objek makanan sehingga ada satu bagian yang lebih menonjol.
  • X-Pro, Lo-Fi, Hefe: Mengeluarkan kontras warna dari objek makanan dan memberikan efek lebih dramatis.
  • Earlybird: Memberi efek vintage, tapi kurang menggugah selera.
  • Brannan: Ideal buat mempertegas kontur makanan sekaligus menonjolkan kekontrasannya. Namun, kurang oke buat menu makanan yang berwarna-warni.
 
Alice Larasati
Foto: Fotosearch