23 Jan 2020

3 Alasan Meninggalkan Kantong Plastik

Jika biasanya kita mengandalkan kantong plastik dari pasar swalayan ketika belanja bulanan, kini ada baiknya kita membawa kantong sendiri. Apalagi, nih, sejak 21 Februari 2016 lalu sudah mulai diujicobakan kebijakan kantong plastik berbayar oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Setidaknya ada tiga alasan, nih, mengapa kita harus mengucapkan selamat tinggal kepada kantong plastik:
 

 
 
1.    Bahaya kantong plastik antara lain jika dibakar dapat menimbulkan zat-zat beracun dan berbahaya bagi manusia. Membakar sampah plastik menyebabkan lepasnya zat karsinogenik (dioksin) ke udara yang bahaya saat dihirup. Selain itu, sampah plastik mencemari lingkungan, menyumbat selokan dan badan air sehingga menyebabkan banjir.

2.    Hasil survei Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Setiap tahun orang Indonesia menggunakan 100 milyar kantong plastik. Bahkan, menurut hasil riset Greeneration Indonesia, 2009, setiap orang per tahunnya menghasilkan sampah 700 kantong plastik dan 90% dari seluruh sampah di laut adalah kantong plastik berbahaya bagi habitat perairan.

3.    Berdasarkan penelitian Jambeck 2015, Indonesia menempati peringkat kedua terbesar di dunia sebagai penyumbang sampah plastik di lautan. Ups!

Ratih Fitrina
Foto: Fotosearch,