21 Aug 2019

10 Hal yang Bisa Dilakukan Tanpa Gadget

Saat diharuskan menjauh dari gadget, mungkin kita langsung merasa keberatan. Bakal seperti apa, tuh, hidup tanpa gadget? Yang ada, nih, kita bakal mati bosan. Eits, jangan salah. Ada, kok, hal-hal menarik yang bisa dilakukan tanpa gadget….
 

 
Jalan Sehat
Nggak perlu jauh-jauh, cukup di taman kompleks rumah. Memberikan kesempatan otak untuk beristirahat dan menghirup udara segar merupakan suatu hal yang bagus, tuh, untuk tubuh.
 
Bermain dengan Hewan Peliharaan
Yap, menurut penelitian, bermain dengan hewan kesayangan bisa membuat kita happy. Jika kita happy, tubuh pun jadi ikut sehat dan bebas stres.
 
Fokus Makan
Ngaku, deh, saat sedang makan bersama si dia, atau ketika makan-makan dengan keluarga, kita pasti seringnya lebih fokus ke ponsel. Nah, tanpa ponsel, kita pun bisa fokus makan sambil ngobrol bersama orang terdekat.
 
Coba Kelas Olahraga
Daripada bikin mata sakit karena melihat layar terus menerus, lebih baik kita ikut kelas Yoga, aerobik, atau kelas lainnya. Setelahnya, kita pasti jadi lebih segar.
 
Menulis Jurnal
Jika di zaman sekolah dulu kita biasa menulis diary, maka nggak ada salahnya kita melanjutkan kebiasaan ini. Tulis, deh, uneg-uneg kita di buku agar hati lebih plong.
 
Mewarnai
Bukan hanya anak-anak yang bisa menggambar, tapi juga orang dewasa seperti kita. Terbukti, tuh, bisa mengurangi stres dan menenangkan pikiran. Sekarang, kan, banyak coloring books menarik yang beredar di pasaran.
 
Membaca Buku
Kapan lagi punya waktu luang untuk membaca novel favorit? Ketika terpaksa jauh dari gadget, inilah momen tepat untuk mewujudkannya. Dalam dua jam, novel menarik bisa habis dilahap.
 
Memasak
Kalau biasanya kita suka jajal makanan cepat saji, kali ini kita bisa mengandalkan diri sendiri melalui masakan sendiri. Nggak perlu memasak menu berat, yang mudah saja seperti perkedel atau kentang balado.
 
Rencanakan Jalan-jalan
Selama ini hanya bisa memandang iri terhadap para blogger yang suka share pengalaman jalan-jalan mereka? Saatnya kita merencanakan liburan untuk diri sendiri, nih! Diskusikan dengan teman atau orang terdekat.
 
Tidur
Betul. Jika awalnya kita hanya tidur lima jam sehari, nggak ada salahnya menambah jam tidur kita menjadi tujuh jam. Artinya, kurangi waktu main gadget saat di tempat tidur.
 
Vini Damayanti
Foto: Fotosearch