22 Feb 2020

American Sniper Pecahkan Rekor dan Pancing Kontroversi

Nggak ada yang menyangka jika "American Sniper" memecahkan rekor sebagai film dengan debut terbesar di bulan Januari. Mengumpulkan 90,2 juta dolar AS dalam tiga hari pemutaran di akhir pekan, "American Sniper" memecahkan rekor "Avatar" pada tahun 2010, yang dalam periode yang sama mengumpulkan 68 juta dolar.
Dirilis pertama kali di pertengahan Desember lewat pemutaran terbatas, "American Sniper" berhasil menciptakan antrean, walau hanya mengumpulkan 3,4 juta dolar. Nominasi Oscar (15/01) menjadi promo terbaik bagi film araahan Clint Eastwood ini. Selain untuk kategori Film Terbaik, "American Sniper" memberi nominasi bagi Bradley Cooper untuk Aktor Utama Terbaik.
Film ini sekaligus menjadi film dengan debut terbesar untuk Clint, 84, dan menurut para pengamat industri perfilman Hollywood, pencetus kebangkitan box office Hollywood di pasar domestik. 
"American Sniper" diprediksi bisa meraih 105 juta dolar dalam empat hari masa pemutarannya. Biasanya, box office dengan jumlah ini diraih oleh film besar yang tayang di musim liburan atau musim panas. 
Namun film tentang penembak jitu Chris Kyle semasa Perang Irak ini juga mengundang kontroversi karena dianggap sebagai 'propaganda perang'. Aktor Seth Rogen dan sutradara film dokumenter Michael Moore termasuk yang menentang film ini.
Kita lihat saja bagaimana 'suara'"American Sniper" di pesta Oscar nanti....