17 Jan 2019

Menu Peranakan ala Kedai Sirih Merah

Memasuki Kedai Sirih Merah,  Anda akan menemukan interior bergaya klasik oriental. Adanya gazebo kayu besar khas Tiongkok, perabotan antik, serta beragam foto hitam-putih menambah kesan tempo dulu yang menarik. Sesuai dengan interiornya, restoran yang berlokasi di Jln. Taman Kebon Sirih 1 No. 5, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ini memang menyajikan beragam hidangan peranakan. 

Anda wajib mencoba Asam-asam Iga Sapi (Rp 65.000) yang merupakan potongan daging sapi empuk dengan kuah asam yang segar. Enak juga disantap dengan tambahan lauk Tumis Jagung Peda Pete (Rp 37.000) yang jadi andalan resto ini. Perpaduan rasa jagung yang manis, ikan peda merah yang asin, serta petai terasa sempurna banget di lidah!

Jangan lewatkan juga menu seafood superlezat. Ada Gurame Fillet Pesmol (Rp 145.000), ikan bumbu kuning kaya rempah, serta Udang Mayones (Rp 88.000) yang garing di luar, tapi berdaging sangat lembut. Tapi favorit CC adalah Soka Telur Asin (Rp 75.000). Kepiting soka digoreng kering dengan tepung telur asin sampai seluruh bagiannya bisa dimakan. Renyah banget! Jika masih terasa kurang, Anda bisa memesan Cap Cay ala Njonja (Rp 44.000) yang terasa asam-manis karena diolah menggunakan saus tomat.

Sebagai pelengkap, nikmati hidangan dengan segelas Teh Poci (Rp 25.000) hangat yang manisnya terasa pas karena menggunakan gula batu. Jangan lewatkan juga Es Jeli Asam Manis (Rp 28.000). Manisan mangga, selasih, agar-agar, cincau, dan kolang-kaling dicampur dengan air lemon segar. Cocok untuk melepas dahaga.


Fanny Indriawati
Foto: Shinta Meliza