26 Jun 2019

Twitter Jadi Sekolah Kedua Menteri Agama

“Setelah memakai Twitter, saya justru merasa bodoh. Banyak orang pintar berbagi di Twitter sehingga saya jadi kaya informasi. Karena itu, Twitter jadi seperti sekolah kedua.” Demikian cerita Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, dalam acara perayaan ulang tahun ke-10 Twitter, Senin, 21/03 lalu. Untuk perayaan satu dekadenya, masyarakat Indonesia diajak melakukan kilas balik dan berbagi tentang momen-momen berkesan selama  menggunakan Twitter dengan tagar #Karena Twitter.
Beberapa tokoh  yang hadir pada perayaan tersebut pun berbagi momen-momen #KarenaTwitter. Selain Menteri Agama RI, Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga mengungkapkan Twitter sering dugunakan untuk berkomunikasi dengan warga Indonesia lain.

"Saya menggunakan Twitter karena ingin buat sistem, cari cara untuk mendengarkan keluhan rakyat. Untuk membangun sistem lebih mahal, jadi memanfaatkan yang ada,” kata Ganjar.

Setelah 10 tahun,  saat ini Twitter  telah memiliki lebih dari 20 juta pengguna di Indonesia.  Menurut Country Business Head Twitter Indonesia, Roy Simangunsong, para pengguna Twitter di Indonesia tersebut, 77 persen adalah pengguna aktif, dan 54 persen di antaranya aktif sehari-hari.

“Selama 10 tahun, Twitter telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia, berbagi peristiwa-peristiwa seru, dari musik, pergerakan sosial hingga fenomena alam, yang menghubungkan semua pengguna di negara ini,” jelas Roy.

Masyarakat Indonesia memang selalu semangat membagikan setiap momen melalui Twitter. Seperti Dukungan penyelamatan Komisi Pemberantasan Korupsi melalui tagar #SaveKPK tahun 2015 lalu. Terjadi juga saat detik-detik Gerhana Matahari Total awal Maret lalu dengan tagar #GMT2016 dengan lebih dari 500.000 Tweet. Tentu, ikut berperan pada teet tentang kemenang Leonardo dicapria di ajang Oscar 2016 yang menembus 440.000 Tweet per menit.
Di penghujung acara, band papan atas, NOAH, tampil menghibur dan membuat perayaan satu dekade Twitter tersebut semakin meriah.

Selamat ulang tahun, Twitter!
 

Meiranie Nurtaeni
Foto: Meiranie