23 Jan 2020

Titik Cerah Tim Piala Thomas Indonesia

Belakangan ini prestasi tim bulu tangkis Indonesia memang menurun, terutama di turnamen beregu seperti Thomas Cup, Uber Cup, maupun Sudirman Cup. Namun, kabar menggembirakan muncul, nih. Tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia, yang diperkuat pemain muda, menjadi juara kualifikasi Asia Piala Thomas 2016 yang berlangsung pada tanggal 15-21 Februari lalu di Hyderabad, India.
 


Di final kualifikasi Asia, Indonesia mengalahkan tim Jepang, juara bertahan Piala Thomas 2014, dengan skor 3-2. Ini merupakan kebanggaan tersendiri karena tim Garuda terdiri atas para pemain muda. Tiga tunggal putra yang turun di final, yaitu Ihsan Maulana Mustofa, Anthony Sinisuka Ginting, dan Jonatan Christie, berusia 18-20 tahun. Sedangkan tim Thomas Jepang diperkuat para pemain senior.
 
Meski baru sampai tahap juara kualifikasi Asia, prestasi tim Kualifikasi Piala Thomas Indonesia patut diapresiasi. Memang, sih, tim kuat seperti Tiongkok tidak menurunkan pemain terbaik mereka, begitu juga Korea yang menyimpan bintang mereka, Lee Yong-dae. Tapi terbukti, prestasi pemain muda kita ternyata lebih bersinar dibandingkan pemain-pemain muda dua negara tersebut.
 
Indonesia menjadi juara Piala Thomas terakhir kalinya di tahun 2002. Setelah itu, prestasi kita terus menurun. Sejak tahun tersebut, jangankan juara Piala Thomas, juara kualifikasi Asia (penyisihan) saja sulit diraih. Dengan menjadi juara kualifikasi Asia Piala Thomas 2016, diharapkan pemain kita bisa mengulang prestasi yang sama di putaran final yang akan berlangsung 15-22 Mei mendatang di Tiongkok. Mari doakan!
 
Vini Damayanti
Foto: PBSI