23 Apr 2019

Belajar Menulis Kreatif


Banyak yang bilang menjadi penulis, tuh, ribet dan susah. Pada kenyataannya semua orang punya bakat menulis meskipun baru melalui postingan status via media sosial maupun curhat di blog. Ingin lebih banyak yang membaca tulisan kita? Saatnya menghubungi perusahaan penerbit, dong.

Agar tulisan kita berbeda dari pengarang lain, tentu saja dibutuhkan orisinalitas dan siap berinovasi. Hal ini diungkapkan oleh Aris Ananda, trainer sekaligus praktisi di bidang kreativitas, dalam rangkaian ke-4 Pink Roadshow yang kali ini mengambil tema “Creative Life Journey” di LBPP LIA Pramuka tanggal 19 Maret 2016 lalu.
 
CC ikut berbagi tip dan trik soal menulis di media cetak yang dibatasi deadline. “Sebelum menulis, kita harus tahu dulu apa saja yang ingin dimasukkan ke dalam tulisan. Terlalu bertele-tele atau panjang sudah pasti dibabat oleh editor. So, keep it simple and smart,” saran Alice Larasati, Redaktur Pelaksana Cita Cinta.
 
Rena Widyawinata dari Elex Media Komputindo juga memberikan gambaran bagaimana cara mengirimkan tulisan kepada penerbit. Terakhir, Maeya Zee, penulis 31 Guys 31 Lessons in My 31, mengajak peserta workshop agar berani menulis dan ‘nekat’ mewujudkan passion sebagai penulis buku. Siap mencoba?
 
Teks: Alice
Foto: Alice & Neysa