26 Jun 2019

Tip Menghilangkan Komedo di Hidung

Sebel nggak sih kalau punya masalah dengan komedo? Biasanya hal ini terjadi buat kita yang mempunyai kulit berminyak. Jadi nggak pede untuk berbicara dengan jarak dekat dengan si dia, deh. Nah, nggak perlu khawatir lagi, CC punya beberapa cara yang dapat dipilih untuk kita coba di rumah agar komedo tidak datang lagi!



- Atasi dengan uap panas, ambil air panas dan tuang pada gelas atau mangkuk. Lalu dekatkan uapnya ke wajah atau ke arah tumbuhnya komedo. Tekan secara perlahan komedo sampai keluar dari pori-pori lalu bersihkan.
- Lidah buaya juga mampu mengatasi komedo. Penggunaanya sangatlah mudah, cukup gunakan lidah buaya yang masih sangat segar dan ambil bagian dagingnya. Kemudian oleskan ke bagian kulit yang berkomedo dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, basuh dengan air dingin yang bersih, lakukan cara ini rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu.
- Cara lainnya adalah dengan menggunakan irisan lemon. Pijat bagian wajah yang berjerawat dengan irisan lemon tersebut. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Sebaiknya praktikkan cara ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu senelum tidur atau selesai mandi.
- Cara terakhir, gunakan  soda kue atau baking soda untuk mengatasi masalah komedo hitam yang membandel. Caranya mudah,  campurkan baking soda dalam wadah dan air, lalu  aduk hingga membentuk pasta.  Basahi wajah dengan air bersih tanpa sabun, kemudian lumuri bagian wajah yang berkomedo dengan pasta baking soda tadi sembari dipijat dengan gerakan memutar. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air. Terakhir, ulaskan baby oil pada bagian yang dilumuri baking soda agar ada asupan vitamin E kedalam pori-pori. Cara ini nggak disarankan untuk kita yang memiliki kulit sensitif.

Jadi, jangan sembarangan memencet komedo lagi, ya. Pemencetan komedo bisa membuat komedo bertambah masuk ke dalam kulit. Penggunaan alat dan tangan yang kurang steril juga bisa memicu timbulnya iritasi kulit. Semoga bermanfaat!

Sonya Sartika Sarah
Foto: dreamstime.com