12 Feb 2016

Nyeri Pinggang Vs Nyeri Punggung

Keluhan nyeri pinggang banyak dialami para pekerja yang menghabiskan banyak waktu duduk di depan komputer. Kebanyakan dari kita menganggap sakit yang terjadi karena kurang minum air putih. Benarkah?

Sebenarnya nyeri punggung akibat kurang air putih jarang terjadi. Kurangnya air putih justru menyebabkan nyeri pinggang. Ginjal bisa rusak karena zat-zat dalam tubuh yang harus dikeluarkan tidak lancar keluar. Dan ginjal yang letaknya di area pinggang bakal terasa nyeri.

Nyeri punggung yang kita alami kemungkinan besar karena salah duduk. Tulang-tulang punggung bisa membengkok posisinya bila kita salah posisi duduk. Nyeri punggung pun bisa akibat dari tegang otot, aliran darah kurang lancar, atau terjepitnya saraf-saraf di punggung.

Solusinya, biasakan duduk dalam posisi tegak. Hindari mengangkat benda-benda berat, jauhi stres, olahraga teratur, dan konsumsi makanan yang mengandung vitamin B.


Sementara itu, fungsi air putih bagi tubuh adalah menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan kelembapan kulit, membantu fungsi eskresi ginjal serta membuang zat-zat yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu, cairan berfungsi mengatur suhu tubuh, menjaga metabolisme otot, dan melancarkan pencernaan di usus. CC